Selasa, 15 November 2016

meskipun.


aku memiliki ingatan yg cukup tajam dan panjang
aku masih ingat hal-hal kecil yg membuatku menangis
lalu ketika diperjalanan sendirian
ingatan itu datang
sontak aku menggelengkan kepala
atau bilang pada diri sendiri "bodoh!"

hal yg seringkali aku sesali hanya satu
kenapa aku tidak menerima ajakan nenek
untuk tinggal di desa bersamanya
waktu itu aku baru tujuh tahun
tidak tahu bahwa dunia ini berputar
atau bahkan seperti sekarang jungkir balik
mungkin
sekarang aku sudah menikah dengan petani atau tukang angon
punya dua anak lucu
dan tinggal bertetangga dengan rumah nenek di pinggir sawah
mungkin
aku tidak akan tahu apa itu zine
aku tidak akan tahu cat air begitu indah kalau diratakan dengan jari manis
aku tidak akan tahu isu kendeng
dan mungkin
aku tidak akan tahu kamu

kata tetty kadi
"namun sesal tak berguna"
lagu-lagu lama itu
kalau sedih habis-habisan dan tidak setengah-setengah
seperti lagu yg banyak orang tahu
Bob topuly - Terlambat sudah yg begitu penuh penyesalan walau masih tersempil rasa kasih
atau lagu yg sering di putar di angkot menuju blok-m
Ratih purwasih - kau dan aku berbeda

apapun itu
aku sekarang menjalani hidup yg lain seperti yg aku ceritakan tadi
senin sampai jum'at bekerja di ruang kaca dingin
malam aku membakar dupa
membuat tulisan dan lukisan
atau kalau sedang ada pesanan
menjahit dan menyulam
merapikan uang
dan disisihkan didalam celengan ayam
meskipun menyesal
tapi aku punya impian


Tidak ada komentar:

Posting Komentar