Selasa, 24 Januari 2017

semesta aku


apakah itu hidup?
tumbuh, menikah, memiliki anak, mati , masuk surga atau neraka
tamat

aku pusing sekali
tuntutan manusia itu seperti amukan ombak
datang tak henti-henti
keras dan membekas, kita harus tahan
atau kalah dan meleleh seperti aku kemarin

lalu aku pergi ke pasar loak
setelah memberi makan bayi kucing
yg aku temukan di tempat sampah dekat kantor
pukul 10 pagi
aku lapar sekali
aku buka bekal makan siangku
dan berpikir kalau tahu gorengku ini cocok sekali dengan kecap
padahal aku tidak pernah suka kecap
lalu aku keluar kantor dan pergi menuju mini market untuk membeli kecap
tiba-tiba terdengar suara bayi kucing menangis
aku mencari suaranya ternyata disana,  di tempat sampah
dan aku langsung berlari mencari kardus untuk melindunginya
cuaca hangat waktu itu
aku menatap langit
"inikah cara kerja semesta?"
"namanya Kecap!"
ucapku pada diriku sendiri

setelah itu
aku merenung di kamar
dan berpikir lama sekali
begini keputusanku

selama masih hidup, aku ngga mau menyakiti orang
aku pingin berbuat baik untuk semesta, manusia dan hewan
kalau tidak bisa berbuat baik, setidaknya jangan menyakiti.
lakukan ini secara penuh dan tulus
hingga suatu saat semesta akan memberikan jawaban
"ini loh punyamu, enak kan?"
lalu saat hari itu tiba entah aku berada dimana
entah aku usia berapa
aku akan tersenyum menyambut jawaban itu
"terimakasih, semesta"
"aku begini terus,ya"





Tidak ada komentar:

Posting Komentar